5 Alasan Membangun Strategi Branding Sangat Penting

Saya pernah makan kerupuk ikan di sebuah restoran di kota Surabaya. Menurut saya kerupuk ikan tersebut sangat enak, namun tidak ada nama ataupun logo di bungkusnya. Enam bulan berlalu, saya coba mampir ke restoran itu lagi dan ingin memesan kerupuk ikan yang sama, ternyata sudah tidak ada. Padahal jika saya tahu namanya atau kalau ada logo-nya, mungkin saya akan cari dan beli langsung!

Bayangkan jika kamu adalah pemilik bisnis kerupuk ikan tersebut. Ketika produk kamu sangat dicari oleh konsumen, tapi konsumen tidak dapat menemukannya karena produk kamu tidak punya nama ataupun logo yang menjadi dasar dari identitas produk kamu. kamu akan kehilangan potential sales dan ini menyebabkan bisnis kamu tidak dapat berkembang. Pastinya kamu tidak ingin kejadian tersebut terjadi.

Lalu sebenarnya apa sih brand itu? Brand adalah suatu nama, kondisi, tkamu-tkamu, simbol atau desain, atau suatu perpaduan/ kombinasi dari itu semua, yang bertujuan untuk memperkenalkan barang atau jasa dan untuk membedakan dengan pesaing

Ada ratusan bahkan ribuan pebisnis yang mungkin menjual produk yang sejenis dengan produk kamu. Brand hadir sebagai identitas; untuk membedakan produk yang kamu dengan produk sejenis yang diproduksi oleh pebisnis lain. Sedangkan branding sendiri didefinisikan sebagai suatu kegiatan untuk membuat nama, simbol atau pun identitas untuk membedakan satu produk atau jasa dengan yang lainnya. Maka dari itu, penting bagi entrepreneur/ pemilik bisnis/ start-up founder untuk mempertimbangkan bagaimana branding untuk produk atau jasa yang ingin dijual.

Mengapa kamu butuh branding?

Produk atau jasa yang kamu jual tidak dapat memasarkan dirinya sendiri. Oleh sebab itu kamu harus membentuk sebuah brand untuk produk atau jasa kamu. Berikut ini beberapa manfaat branding

  1. Memberikan Identitas

Brand berfugsi sebagai identitas. Identitas itulah yang membedakan produk/ jasa kamu dengan produk/ jasa sejenis milik kompetitor. Identitas brand yang paling dasar adalah logo desain.
Baca juga : Cara mudah membuat design logo brand bisnis

  1. Menyampaikan Nilai

Brand bisa menyampaikan pesan berupa nilai yang terkandung pada produk/ jasa kamu kepada masyarakat. Nilai yang disampaikan tersebut bisa menjadi magnet tersendiri bagi target market kamu.

  1. Menjalin Komunikasi dengan Pelanggan dan Target Market

Brand adalah pintu komunikasi dengan target market dan calon pelanggan kamu. Brand akan menyampaikan berbagai pesan kepada masyarakat tentang nilai, kelebihan, unique selling point (USP) dan banyak hal tentang produk kamu. Selain itu, kehadiran brand juga memungkinkan kamu untuk mendapatkan review dari pelanggan yang telah mencoba produk/ jasa kamu.

  1. Membangun Kredibilitas dan Persepsi

Setelah beberapa orang mencoba produk/ jasa dari brand kamu, mereka akan mengetahui kredibilitas brand kamu dan mulai membangun persepsi mereka mengenai brand kamu.
Baca juga : Membuat Grup Facebook Eksklusif dan Kelola dengan Tepat

  1. Mempermudah Proses Referral dan Rekomendasi

Selain mendorong pembelian, brand juga mempermudah proses referral yang mungkin akan dilakukan oleh customer kamu ketika mereka puas dengan produk/ jasa kamu dan mereka mungkin akan merekomendasikannya ke orang lain.

 

Yuk tinggalkan komentar Anda.. 🙂
Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*