7 Langkah Strategi Branding yang Baik

Strategi Branding

Branding adalah sebuah proses di mana identitas bisnis dibentuk dan dimaknai untuk menyampaikan pesan, menciptakan kredibilitas, menciptakan komunikasi antara produk dan pelanggan dan tentunya untuk memotivasi pembelian. Ketika branding mulai membentuk sebuah identitas yang kuat maka kepercayaan konsumen akan melekat pada produk/ jasa brand tersebut, sebuah loyalitas terhadap merk, menciptakan persepsi untuk diberitakan baik dari sebuah wujud fisik maupun dari mulut ke mulut.

Khusus bagi kamu yang masih pemula, tidak ada salahnya mulai dari sekarang kamu belajar dan mempraktekkan teknik membangun brand yang baik dan tepat, terutama untuk usaha hualan online kamu, baik melalui sosial media maupun melalui media toko online.

Untuk strategi branding yang baik, kamu harus melakukan 7 langkah berikut:

1. Gunakan Logo yang Sesuai
Logo yang digunakan untuk brand kamu harus sesuai dengan semua jawaban dari pertanyaan pada bagian MVB sebelumya. Dengan desain logo yang sesuai, kamu juga dapat meletakkannya di setiap produk hingga marketing material yang kamu siapkan.
Baca juga : Cara mudah membuat design logo brand bisnis

2. Tuliskan Pesan dari Brand kamu
Pastikan pesan yang ingin disampaikan pada brand kamu disampaikan dengan baik melalui branding. Buatlah sebuah tagline yang terdiri dari kalimat pendek untuk menyampaikan pesan tersebut. Dengan begitu, strategi branding kamu akan semakin padu. Contoh tagline yang bagus seperti Nike dengan “Just do it” KFC dengan “Jagonya Ayam” dan lain sebagainya.

3. Integrasikan Brand kamu
Brand akan terkomunikasikan dengan baik jika kamu meletakan branding pada setiap aspek kegiatan bisnis kamu. kamu bisa menambahkan logo pada produk dan desain kemasan produknya, menambahkan logo pada desain booth hingga menyematkan logo pada salah satu desain banner ads yang ada di website. Dengan strategi branding seperti itu, brand akan terintegrasi dengan baik dan masyarakat akan semakin sadar dengan keberadaan brand kamu.

4. Buat Pesan yang Sesuai untuk Merefleksikan Brand kamu
Gaya komunikasi yang dipilih tentu harus disesuaikan dengan brand kamu; apakah kamu menginginkan kesan friendly, atau kesan profesional? Dengan memilih gaya komunikasi yang sesuai, maka pesan akan dapat diturunkan sesuai dengan kebutuhan dan media komunikasinya.
Misal :
Jika kamu berjualan produk fashion casual untuk pria berusia 20-30 tahun, maka kamu bisa menggunakan gaya bahasa milenial untuk mereka. “Hai gaes, Hai bossku, Hai bro, dll” Tentu akan berbeda cerita dan gaya komunikasi jika kamu berjualan kosmetik untuk wanita

5. Desain Template dan Ciptakan Standar Brand untuk Kebutuhan Marketing Kamu
Strategi branding selanjutnya, tentukan standar untuk semua kebutuhan marketing kamu. Banyak brand besar yang menciptakan template untuk setiap kebutuhan marketingnya; misalnya desain banner untuk toko online kamu. Kamu bisa menggunakan guidline/ template banner, sehingga jika suatu saat nanti kamu harus membuat banner lain, kamu hanya perlu mengikuti guidline/ template yang sama.
Dan, pengunjung toko online akan tahu karakterisik dan ciri khas dari brand kamu

6. Jadilah Brand yang Jujur

Jalankan bisnis kamu sesuai dengan semua nilai yang sudah kamu berikan melalui branding. Karena tidak akan ada satu pun pelanggan yang akan kembali jika produk/ jasa yang diberikan tidak sesuai dengan branding.

7. Konsistensi

Ketika branding sudah rampung, satu hal terakhir yang harus kamu lakukan adalah konsisten. Jalankan segala aspek bisnis sesuai dengan strategi branding yang sudah diciptakan sehingga tidak menimbulkan kebingungan bagi masyarakat, target market dan juga customer kamu.
Misal: Kamu fokus berjualan helm, maka setiap konten, artikel, banner, grafis atau apapun harus sesuai dengan karakter yang kamu jual yaitu helm, jangan melenceng.

Demikian beberapa strategi untuk membangun brand yang baik dan efektif ya Winners. Silahkan mulai dipelajari dan dipraktekkan untuk kemajuan bisnis online kamu.
Silahkan share jika menurut kalian artikel ini membawa manfaat.

Yuk tinggalkan komentar Anda.. 🙂

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*