Cara menentukan segmentasi pasar untuk usaha anda

Untuk memulai bisnis hal pertama yang dilakukan oleh seorang pebisnis adalah menentukan target market anda. Siapa saja orang-orang yang ingin anda incar untuk menjadi calon-calon konsumen anda.

1. Tentukan siapa target market anda?

Anda harus memiliki daftar siapa-siapa saja yang akan masuk ke segmen anda.Tentukan usia berapa saja yang akan menggunakan produk anda, tentukan sesuai gender siapa yang akan menggunakan produk anda laki-laki atau perempuan  Pastikan semua orang dalam segmen tersebut memiliki hal yang serupa. Laki-laki dan perempuan tidak bisa digabung jadi satu karena kebutuhan serta ekspektasi keduanya berbeda satu sama lain.

2. Menentukan Geografi Konsumen

Ketika Anda ingin memulai bisnis, maka tentukan georafi calon konsumen anda. Geografi ini, dapat menentukan konsumen yang tinggal dimana yang dapat membeli produk Anda. Menentukan segmentasi pasar untuk usaha anda sesuai dengan geografi, bukanlah hal sulit. Karena Anda hanya menentukan dimana calon-calon konsumen Anda berada. Apakah ia tinggal di perkotaan, atau tinggal di pedesaan. Geografi akan mempengaruhi kebutuhan si pelanggan terhadap produk dan jasa yang mereka butuhkan.

3. Karakter Konsumen atau Psikologi Konsumen

Sebagai pebisnis, maka Anda harus bisa mengetahui bagaimana karakter konsumen. Ada konsumen yang membeli produk karena dia memang membutuhkan produk tersebut, tetapi ada juga konsumen membeli sebuah produk karena ikut tren yang sedang berkembang. Selain mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen anda juga harus mengetahui sikap konsumen. Apakah ia seorang yang kritis, atau tidak. Sering sekali kita menemukan seorang konsumen yang kritis terhadap produk. Sehingga Anda harus dapat memberikan suatu hal yang dapat menyenangkan konsumen, meskipun produk tersebut masih memiliki kekurangan.

Contoh Action

Perhatikan sekitar anda apabila disekitar anda banyak ibu-ibu muda yang mempunyai anak perempuan usia 3-6 tahun. Anda bisa menjual produk kategori fashion dengan spesifiknya baju busana muslim couple ibu dan anak. Dengan target marketnya ibu-ibu muda usia 22 th – 35 th dan anak-anak perempuan usia 3-6 tahun.

Yuk tinggalkan komentar Anda.. 🙂
Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*