Pentingnya Membangun Brand Untuk Usaha Toko Online

Tahukah Anda? Brand bukan hanya sekedar logo atau nama perusahaan Anda, melainkan sebuah pandangan atau persepsi seseorang tentang produk atau perusahaan Anda. Brand adalah kombinasi lengkap dari gambaran yang orang bayangkan ketika mendengar sebuah nama perusahaan atau produk. Brand adalah adalah segala sesuatu yang terkait dengan perusahaan, produk, atau layanan, semua atribut, baik yang berwujud maupun tidak berwujud.

Brand bagi sebuah perusahaan sama halnya seperti reputasi bagi seseorang. Jadi, jangan menganggap enteng sebuah brand, karena brand adalah aset terpenting yang bisa dimiliki perusahaan. Brand memberikan nilai, emosi, dan menciptakan diferensiasi dan mendapatkan hasil jangka panjang. Brand yang baik akan menempatkan perusahaan atau produk Anda di atas para pesaing Anda, dan membantu Anda menjadi pilihan utama.

Kita hidup dalam masyarakat yang berorientasi sensorik. Artinya, kita mendasarkan penilaian kita pada hal-hal yang dapat diterima panca indera kita, seperti stimulasi visual, rasa, aroma, sentuhan dan suara, dan kita melakukan ini bahkan di alam bawah sadar kita. Jadi, kita sangat terbiasa mengait-kaitkan nama, kata ataupun simbol tertentu dengan harapan kualitas, konsistensi, layanan pelanggan dan lainnya.

Mengapa kita harus memahami hal itu? Sebab, hal itu akan sangat membantu kita dalam membuat brand yang baik. Idealnya, brand akan menjadi kepribadian, karakter dan jiwa perusahaan Anda. Brand akan menjadi perwujudan kepercayaan, antisipasi kualitas dan performa, serta yang paling penting, perasaan bahwa ini adalah identitas yang ingin Anda tunjukkan kepada pelanggan.

Contoh: Iphone, begitu mendengar nama itu, hal apa yang lantas terbayang dalam benak Anda? Smartphone canggih, modern, ekslusif, elegan, mahal, berkelas? Itulah identitas yang disematkan pada Iphone. Itulah namaya branding.

Dalam dunia bisnis, baik bisnis skala kecil maupun besar, brand memegang peranan krusial bagi sebuah produk. Brand akan memudahkan calon konsumen untuk mengenali produk Anda. Brand adalah identitas produk itu sendiri. Dengan adanya brand akan meningkatkan daya saing dan sangat mempengaruhi perilaku konsumen dalam membeli suatu produk. Oleh sebab itu, para pebisnis maupun pelaku UKM harus memperhatikan dengan seksama terhadap faktor ini.

Dalam menciptakan suatu merk/ branding yang melekat dalam ingatan konsumen sangatlah tidak mudah. Para pengusaha harus melakukan kegiatan marketing yang efektif dan efisien, agar produk mereka bisa dikenal dan dibeli oleh konsumen. Terlebih jika suatu produk memiliki brand yang baik maka pembeli akan percaya pada produk yang kita jual.

 

Ada 6 alasan pentingnya branding suatu produk:

1. Brand adalah aset

Brand yang kita ciptakan merupakan aset kita yang mempunyai nilai jual sangat tinggi jika berhasil. Masih ingat ketika aplikasi whatsapp dibeli oleh Facebook dengan nilai yang fantastis?

2. Brand memudahkan produk dikenal orang

Dengan brand yang unik dan berbeda dengan yang lain akan membuat konsumen mengingat produk kita. Contoh, apa yang ada di benak konsumen ketika mendengar nama Aqua?

3. Brand dan kemasan menarik perhatian konsumen

Branding dan packaging yang menarik adalah satu paket dalam usaha untuk menggaet konsumen. Bagaimana strategi Pizza Hut ketika mengubah kemasannya dari semula persegi menjadi segi delapan

4. Brand dapat mempengaruhi keputusan membeli

Branding yang menarik membuat customer potensial tertarik untuk membeli produk Anda. Simpelnya dengan harga yang tidak berbeda jauh, mie instan manakah yang akan Anda Indomie atau Supermie?

5. Brand berperan dalam promosi

Promosi akan lebih mudah jika branding sudah dilakukan dengan baik. Promosi yang baik melalui strategi branding dan kemasan akan mengarahkan produk Anda pada kesuksesan secara penjualan.

6. Brand membuat perbedaan dengan produk lain

Dengan nama yang unik dan berbeda, apalagi misal menggunakan bahasa yang familiar dengan ingatan akan semakin memudahkan branding melekat dalam ingatan konsumen. Contohlah, bagaimana perusahaan membuat nama brand sesuai karakter produknya go-jek, traveloka, dll

 

Beberapa toko online yang sukses melakukan branding:

1. Hijup.com
Merupakan toko online yang menyediakan berbagai macam produk terbaik karya designer fashion muslimah Indonesia yang ditujukan khusus untuk wanita muslim, dari mulai pakaian, kerudung, aksesoris dan banyak lagi yang lainnya.

2. Maskoolin.com
Toko online dengan tagline “Apa yang Menjadikan seorang Pria” mempunyai fokus menjadi sumber inspirasi dan destinasi utama bagi pria dalam belanja kebutuhan fashion, grooming, dan lifestyle.

3. Belowcepek.com
Sebuah toko online berkonsep, menjual produk-produk buatan Indonesia yang berkualitas dengan harga di bawah Rp 100.000. khusus hanya menjual fashion dan aksesoris untuk wanita

Nah, berikut tadi adalah 6 alasan mengapa membangun sebuah brand itu sangat penting. Jika menurut kalian artikel ini bermanfaat, silahkan dibagikan ya Winners.

Yuk tinggalkan komentar Anda.. 🙂
Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked*